Tentang Kami

ometlit.com merupakan sebuah situs web yang concern membahas penelitian ilmiah; metodologi penelitian dan statistika inferensial dengan merujuk pada referensi yang berkualitas dan dapat dipercaya.

Di dalam situs ini ada tiga topik utama yang dibahas, meliputi:

  1. Metodologi Penelitian.
  2. Statistika.
  3. Tips & Trik, dan
  4. Topik lain yang ingin saya bahas.

Pada kanal metodologi Penelitian saya akan membahas seluk beluk metodologi penelitian secara komprehensif dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Lalu, pada kanal statistika saya akan membahas mengenai teknik-teknik analisis statistik dilengkapi tutorialnya dalam berbagai software.

Adapun pada kanal Tips & Trik, saya akan membahas tips-tips dan trik yang bagi kawan-kawan pembaca yang sedang bergelut dengan kehidupan kampus, skripsi, proses bimbingan, dan hal-hal yang sekiranya masih memiliki relevansi dengan penelitian.

Melalui situs ini saya akan membahas ketiga topik utama tersebut secara rinci namun dengan penyampaian yang (saya usahakan) sederhana agar mudah dipahami oleh kawan-kawan pembaca.

Untuk menciptakan High Quality Article, saya memegang prinsip Expertise, Authoritativeness, and trustworthiness, oleh karenanya saya mengupayakan agar artikel yang tersaji di ometlit.com selalu merujuk pada buku rujukan utama baik terbitan dalam atau luar negeri yang sering dipergunakan oleh Perguruan Tinggi terkemuka.

Melalui prinsip Expertise, Authoritativeness, and trustworthiness pula saya ingin menjadikan ometlit.com sebagai situs referensi penelitian #1 (No. 1) di Indonesia, Insya Allah.

Jadi di sini, saya berusaha untuk tidak menerapkan prinsip re-Write seperti pembahasan yang tersaji dalam Blog atau situs web lain.

Berikut ini adalah sedikit dari sekian banyak buku yang menjadi rujukan ometlit.com.

  • John W. Creswell.
  • R. Burke Johnson & Larry Christensen.
  • Uma Sekaran & Roger Bougie
  • Frederick J. Gravetter & Lori-Ann B. Forzano
  • L. R. Gay & Geoffrey E. Mills
  • Jack R. Fraenkel, dkk.
  • Donald Ary, dkk.
  • Luis Cohen, dkk
  • Earl Babbie
  • W. Lawrance Neuman
  • James H. McMilllan
  • Masih banyak lagi..

Tentang Penulis

Nama saya Dede Kurnia, inisiator dan pengelola ometlit.com. Saya menyelesaikan Pascasarjana saya di Universitas Pendidikan Indonesia pada bulan April 2019 lalu.

Saya menyukai dunia literasi sejak usia belia, memiliki hobi mengamati, menganalisis, dan selain itu sebagai orang dengan MK Thinking Extrovert (hasil test STIFIN) secara natural saya menyukai aktivitas yang menuntut untuk selalu berpikir.

Saat ini saya sedang belajar mengabdi sebagai dosen di sebuah Perguruan Tinggi di Jawa Tengah dengan mengampu beberapa mata kuliah (salah satunya metodologi penelitian).

Saya juga sedang belajar mengerjakan beberapa penelitian dan sedang berusaha menyelesaikan penulisan beberapa buku di mana salah satunya adalah buku metodologi penelitan.

Well,…
melalui halaman ini saya tidak bermaksud menyombongkan diri, saya hanya ingin menceritakan sedikit tentang saya sebagai pengelola ometlit.com dan ometlit channel.

Harapannya sedikit cerita tentang diri saya dapat meningkatkan credibility dan persona saya agar pembaca lebih bisa percaya dengan apa yang saya sajikan dalam ometlit.com ini.

Saya menyadari bahwasanya masih banyak kekurangan dan masih banyak juga  yang belum saya ketahui perihal dunia ilmiah dan penelitian, oleh karena itu segala kritik dan saran yang membangun sangat saya butuhkan demi perkembangan dan peningkatan kualitas situs web ini.

Apabila kawan-kawan mempunyai saran, tips, sekadar bertanya, atau ingin mengoreksi apa yang termuat dalam  situs ini, kawan-kawan bisa menghubungi saya melalui kontak yang tertera di halaman hubungi kami.

Terbentuknya Situs Ini

Situs ini didirikan pada tahun 2020, ketika Covid-19 sedang lumayan mengganas di Indonesia. Tepatnya setelah 355 hari saya lulus dari Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang berlokasi di Bandung, dan 266 hari setelah saya di wisuda dari kampus tersebut.

Fyi saya menyelesaikan pascasarjana saya selama 600 hari, cukup cepat untuk ukuran UPI. Beberapa pekan sebelum saya lulus dari kampus, dosen pembimbing saya memberikan sebuah pesan:

“Selama itu baik dan bermanfaat, bagikanlah apa yang kamu ketahui. Kamu tidak perlu menunggu pintar untuk berbagi ilmu, yang penting kamu mau terus belajar”

Pesan itulah yang menjadi inspirasi agar saya membagikan apa yang saya ketahui melalui blog ini. Kendati demikian, posisi saya di sini bukanlah seorang expert atau pakar, saya hanya seorang peminat dan pembelajar yang sedang terus belajar.

Pertanyaan yang mungkin muncul dibenak kawan-kawan pembaca:

“kenapa saya memilih membahas metodologi penelitian?” Bukankah ada materi lain yang lebih ringan dan lebih mudah dipahami?”

Jadi ketika proses penyusunan Tesis dulu, saya dibimbing oleh seorang dosen yang memiliki pemahaman mendalam mengenai metodologi dan statistik, sehingga sebelum bimbingan saya diwajibkan membaca banyak referensi agar saya bisa mencerna apa yang beliau sampaikan.

Saya merasa beruntung dapat dibimbing oleh beliau, namun bagi saya keberuntungan itu menjadi sia-sia jika saya tidak mengamalkan sedikit banyak ilmu yang telah beliau share kepada saya.

Nah, melalui channel YouTube serta blog inilah saya ingin mencoba membagi dan mengamalkan apa yang yang beliau ajarkan.

Semoga Allah berikan kesehatan dan usia yang berkah untuk beliau.

Akhirul perkenalan, semoga bermanfaat.

Salam!