sumber referensi
Tips & Trik

Referensi Gratis

Di dalam proses pengerjaan skripsi atau karya ilmiah lainnya, mahasiswa dituntut untuk merujuk pada sumber-sumber valid, kredibel, dan juga ilmiah; baik itu dalam bentuk buku, jurnal, dan bentuk lainnya. Pada tahap ini, banyak mahasiswa yang sering kebingungan mencari referensi ilmiah, tapi tenang ya kawan karena sekarang udah banyak banget situs penyedia sumber referensi gratis yang dapat diakses secara gratis!

Dengan adanya referensi gratis ini, jadi kawan-kawan berhemat karena enggak perlu beli buku cetak banyak-banyak, hehehe.. Selain itu, dengan adanya sumber referensi gratis ini pula, kawan-kawan bisa mendapatkan referensi yang tidak ada di toko buku, misalnya mengenai publikasi ilmiah terbaru, dan sejenisnya.

Baca sampai selesai artikel ini ya, karena di sini saya bakal share mengenai situs-situs open access yang bisa kawan gunakan buat mencari sumber referensi gratis yang bisa kawan-kawan gunakan untuk menjadi sumber referensi penelitian kawan-kawan semua, hehe

Perpustakaan Nasional RI

Ini merupakan situs yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, kawan. For Your Information, situs fasilitas ini udah jadi langganan akademisi Indonesia untuk berburu jurnal-jurnal ilmiah terbaru yaang bisa kawan download secara gratis, lho!

Tapi untuk bisa baca dan dan download yang tersedia, kawan harus registrasi online dulu ya biar bisa mengakses fasilitas ini secara everywhre and everytime. Cara registrasinya juga gampang banget, kawan-kawan cukup klik link berikut; Perpusnas lalu ikuti deh proses selanjutnya. Gampang banget, kan?

Sinta

SINTA (Science and Technology Index) ini berfungsi sebagai wadah hasil penelitian untuk dipublikasikan secara online, dan selain itu juga  SINTA juga menjadi alat pengindeks internasional sebagai arsip jurnal, buku, artikel, dan karya ilmiah lainnya.

Jadi jurnal-jurnal yang tersaji dalam SINTA ini mrupakan jurnal-jurnal yang terbit dalam jurnal yang sudah memiliki reputasi bagus, kawan. Oleh kerena itu, kalau kawan mau cari jurnal terakreditasi, maka SINTA adalah teepat yang paling tepat.

Tapi, harus diingat ya, kawan-kawan enggak bisa langsung download di SINTA, sebab SINTA sendiri hanya menyediakan list mengenai jurnal-jurnal terakreditasi yang kita butuhkan. Nah kalau kawan-kawan mau download, kawan harus klik website publisher jurnal terkait yang dicantumkan  SINTA itu sendiri.

Garuda

Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan referensi ilmiah Indonesia yang merupakan titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti Indonesia.

Garuda ini mencakup antara lain e-journal domestik, tugas akhir mahasiswa, dan laporan penelitian dikembangkan oleh Direktorat P2M-Dikti Kemdiknas RI.

Sebenarnya situs GARUDA (Garba Rujukan Digital) ini tidak jauh berbeda dengan SINTA, hanya saja jika  SINTA hanya menyediakan list jurnal yang terakreditas dan bereputasi karena memang fungsinya sebagai aplikasi pengindeks saja, adapun dalam platform Garuda ini kita bisa men-download-nya langsung kawan-kawan.

Google Scholar

Google Scholar atau google cendekia merupakan layanan yang memungkinkan pengguna malakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi yang mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah.

Cara mencari jurnal dalam Google Scholar ini cukup mudah, kawan; yakni kalian cukup ketik sebuah keyword, maka secara otomatis Google Cendekia ini akan membantu seseorang mengidentifikasi penelitian paling relevan dari seluruh penelitian yang ada baik itu dari peneliti lokal ataupun peneliti internasional.

Kendatipun penggunaan Google Scholar ini sangat mudah, tapi kawan-kawan harus tahu bahwa tidak semua penelitian yang disajikan dalam Google Scholar bersumber dari jurnal-jurnal yang bereputasi dan terakreditas.

Library Genesis

Berbagai macam buku-buku digital berformat pdf, mobi, hingga ePub ada pada Library Genesis. Semua prodi kuliah seperti jurusan ekonomi, politik dan bahasa tersedia lengkap.

Sayangnya situs ini memiliki kekurangan yaitu harus teliti dalam menulis keyword, karena kalau salah satu huruf saja, kalian tidak akan menemukan buku yang dicari.

Pdf Drive

Secara fungsi, Pdf Drive ini mirip banget sama Library Genesis, kawan. Hanya saja buku yang tersaji dalam situs ini mencakup segala jenis buku, termasuk buku fiksi.

Nah, kalau library genesis, lebih fokus di buku-buku referensi. FYI, biasanya situs ini saya jadikan alternatif kalau buku yang saya cari tidak ada dalam Library Genesis.

DOAJ

DOAJ atau Directory of Open Access Journal merupakan direktori khusus untuk jurnal berstatus open access, menyediakan fasilitas pencarian link menuju laman jurnal internasional gratis.

Tinggal ketik saja jurnal yang dikehendaki pada kolom pencarian di situs DOAJ, maka otomatis DOAJ akan memberikan jurnal lewat data yang dimiliki.

Academia

Ini adalah salah satu situs yang sangat sering digunakan oleh mayoritas mahasiswa. Academia banyak memuat tentang penelitian-penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Layanannya yang mirip seperti sosial media memungkinkan kamu untuk berkomentar memberikan saran.

Situs ini juga jadi rekomendasi saya selanjutnya, cukup komplit juga kok, hehe langsung klik link ini untuk menuju ke situs web-nya ya: Academia

Situs lainnya

Selain situs situs di atas, sebenarnya masih banyak situs bonafide yang menyediakan jurnal  ilmiah yang memiliki reputasi secara internasonal.

Hanya saja, jurnal yang terjadi di sana mayoritas berbayar meskipun ada beberapa yang sifatnya open ascess.

Berikut ini saya sajikan nama situsnya.

Demikianlah informasi yang bisa saya sajikan mengenai sumber referensi untuk menyelesaikan skripsi tanpa buku cetak. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kawan-kawan yang sedang membutuhkan ya, hehe

Teruntuk kawan yang sedang atau akan menyusun tugasa akhir, di situs ini saya banyak membahas informasi bermanfaat mengenai metodologi penelitian & Tutorial Statistika, lho!

  1. Klik untuk mempelajari Metodologi penelitian
  2. Klik untuk mempelajari Tutorial statistika

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *