Membangun networking
Tips & Trik

Cara Ampuh Membangun Networking

Pentingnya membangun networking atau jaringan pertemenan seringkali dilupakan oleh banyak kalangan. Terlebih lagi oleh mahasiswa, selain tidak dibahas dalam bangku kuliah, rutinitas mahasiswa yang disibukkan dengan berbagai hal terkadang lupa membangun networking sedari dini.

Padahal networking ini sangat penting dan memiliki pengaruh cukup besar ketika kawan-kawan meninggalkan bangku kuliah dan mulai memasuki dunia kerja.

Any way, membangun networking atau jaringan pertemanan ini sebenarnya bisa dimulai ketika kita masih aktif kuliah lho! Gak percaya? Baca sampai selesai artikel ini, karena di sini, saya bakal bahas tips dan trik jitu membangun networking khusus mahasiswa tingkat akhir. Pasti bermanfaat banget, deh!

Manfaatkan Media Sosial

Saya yakin kawan-kawan semua memiliki media sosial, benar? Nah, media sosial ini ternyata bisa dipakai untuk membangun networking atau jaringan, lho! Caranya cukup simpel, bisa dengan kawan-kawan mengikuti berbagai media sosial yang dimiliki oleh lembaga-lembaga atau page yang senantiasa memberikan informasi ter-update untuk kepentingan karir kawan semua.

Dari informasi-informasi tersebut, kawan-kawan akan mendapatkan informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan, magang, dan sederet informasi bermanfaat lainya.

Ada satu cara lagi nih, yaitu pake Linkedin, eh sebentar.. Kawan udah tahu belum sih, apa itu Linkedin?

Saya jelasin dulu yaa..

Jadi Linkedin ini merupakan platform yang senagaj dibentuk oleh Mark Zuckenberg (pendiri Facebook) yang didesain dengan tampilan seperti facebook namun khusus untuk mencari pekerjaan, dan membangun networking secara profesional.

Nah, maka Linkedin ini merupakan platform yang sangat tepat untk membangun network sedini mungkin, kawan. Melalui Linkedin ini, kita bisa terhubung dengan orang-orang profesional tanpa tersekat ruang dan waktu.

Tapi ingat ya, agar orang lain tertarik dengan kita, sebaiknya kita isi profil kita secara lengkap ya, kawan.

Aktif di Kegiatan non-Akademik

Aktif pada kegiatan non-Akademik bisa membuat kawan-kawan memiliki relasi dari berbagai bagai disiplin bidang, hanya saja terkadang masalahnya mahasiswa malas untuk melakukan kegiatan non-Akademik dengan alasan sudah cukup lelah dengan berbagai kegiatan kampus yang menguras otak dan fisik, hehe

Terlebih lagi memasuki fase akhir di mana mahasiswa akan dihadapkan pada skrisi, pasti tambah mager (malas gerak) karena alasan ingin fokus ngerjain tugas akhir.

Harus diingat bahwa dengan mengikuti berbagai kegiatan non-Akademik, selain menambah wawan juga bisa menambah jaringan pertemanan, lho!

Seperti yang saya bilang, berkegiatan di di luar kampus akan membuat kawan-kawan berkenalan dengan berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda, dan ini bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk kawan-kawan membangun networking.

Dulu ketika kuliah, saya juga aktif pada kegiatan non-Akademik di luar kampus, lho! Saya waktu itu mengikuti berbagai kegiatan  sosial dan mengikuti kegiatan dari komunitas kreatif yang diadakan di kota tempat kampus saya berada, dan alhamdulillah kegiatan-kegiatan tersebut membawa saya berkenalan dengan berbagai kalangan; dari mulai masyarakat sampai pejabat, hehe

Pernah juga beberapa kali diajak ikut seminar dengan fasilitas VVIP hanya karena saya mengenal penyelenggaranya, haha

Membangun Hubungan Baik dengan Dosen

Kawan-kawan sadar enggak sih, kalau selama kita kuliah itu kita berhadapan dengan orang-orang yang expert di dalam berbagai bidang? Yap! Dosen-lah yang saya maksudkan.

Jaga hubungan baik kalian dengan dosen ya, kawan. Jangan ragu pula untuk bertanya perihal bidang yang menjadi ketertarikan kawan-kawan sema, saya yakin kalau hubungan kawan-kawan dengan dosen baik, maka dosen akan senantiasa memberikan informasi yang kalian tanyakan.

By the way, saya mendapat pekerjaan yang sekarang, berdasarkan informasi yang diberikan dosen saya dulu, hehe.. Jadi jaga hubungan baik dengan dosen ya kawan-kawan!

Magang

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membangun networking adalah dengan magang di lembaga yang sekiranya bisa mengakomodir passion kamu, kawan. Selain memperluas networking, magang juga sangat bermanaat untuk mengasah kompetensi kita juga.

Dulu banget, pada semester tiga sampai semester lima, saya pernah magang di salah satu koran mingguan juga lho. Dan bener, selain membantu membangun jejaring atau networking, magang yang saya lakukan itu bisa mengasah kemampuan passion saya dalam bidang kepenulisan. So, intinya magang itu bermanfaat banget pokoknya!

Tapi. kalau kalau sekiranya kawan enggak ada waktu luang kalian ga perlu maksain magang yaa. Dulu saya magang karena dengan kerelaan hati meninggalkan dunia politik kampus yang menurut saya sangat menjenuhkan, hehe

Pelihara Jaringan

Dari semua tips yang saya sebutkan tadi, ini yang paling penting, kawan, yaitu memelihara jaringan. Ingat ya, membangun jaringan itu bukan hanya sekedar mengoleksi kartu nama ya.

Tapi membangun jaringan di sini, kawan-kawan harus membina agar networking yang sudah terbangun susah payah dapat terus terpelihara dengan baik, misalnya dengan menyapa melalui media sosial atau hal-hal lain yang sekiranya membuat networking kawan-kawan merasa nyaman dengan kehadiran kalian.

***

Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan ya kawan-kawan, semoga tips-nya bermanfaat!

Teruntuk kawan yang sedang atau akan menyusun tugasa akhir, di situs ini saya banyak membahas informasi bermanfaat mengenai metodologi penelitian & Tutorial Statistika, lho!

  1. Klik untuk mempelajari Metodologi penelitian
  2. Klik untuk mempelajari Tutorial statistika

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *